Menyeruput Kopi Arang Khas Yogyakarta di Angkringan Kopi Joss Pak Hendrix

Kopi yang satu ini memang unik dan masih diminati, terutama di daerah asalnya, Yogyakarta. Biasanya arang hanya digunakan sebagai bara api untuk memasak, kopi joss justru mencampurkannya langsung ke dalam gelas. Ya, arang yang panas mambara dicelupkan ke dalam kopi hingga meletup-letup. Ada yang sudah pernah mencoba?

Menyeruput Kopi Arang Khas Yogyakarta di Angkringan Kopi Joss Pak Hendrix

Banyak yang meragukan higienitasnya. Namun, tidak sedikit pula bukti yang menyatakan bahwa arang atau charcoal justru sangat baik bagi tubuh sebagai pengikat racun. Makanya di luar negeri kopi yang serupa ini juga ada, dinamakan dengan The Charcoal Coffe.


Istimewanya, arang tidak membuat kopi kotor sama sekali. Mungkin ada trik khusus seperti pemilihan kayu atau cara penyajiannya agar arang benar-benar sukses menambah kenikmatan. 

Nah, kali ini saya meminum racikan kopi joss di Angkringan Mas Hendrik yang berlokasi di area Tugu Jogja. Berikut ulasannya.


Segelas Kopi Joss dan Sajian Makanan di Angkringan Kopi Joss Pak Hendrix

Kopi Joss khas Jogja

Pasti sangat asing bagi yang baru pertama melihat kopi joss. Jujur, saya pun juga begitu. Potongan arang besar mengapung di tengah-tengah gelas yang akan diseruput. Saya memesan kopi susu, campuran kopi hitam dan susu kental manis. Saat diantar ke meja, asap masih mengepul tebal dari gelas.

Di lidah saya, meski dicelupkan arang sebesar itu, tidak ada rasa arang sama sekali saat meminum kopi joss ini. Rasanya ya rasa kopi susu pada umumnya. Tidak ada rasa "aneh" yang menyertai. Enak-enak saja. Berkat arang ini, kopi jadi panas lebih lama. 

Nasi kucing

Sate-satean, gorengan, dan lainnya

Selain kopi joss, Angkringan Pak Hendix juga menyediakan berbagai makanan pendamping, seperti nasi kucing (nasi dibungkus dalam porsi kecil yang juga merupakan sajian khas angkringan Jogja), sate-satean, dan gorengan. Sangat cocok disantap bersama minuman panas di malam hari. Harganya pun sangat ramah di kantong. 


Tempat Sederhana yang Ramai Pengunjung

Angkringan Pak Hendrix di pinggir jalan area Tugu Jogja

Kalau ke Jogja, nongkrong malam di pinggir jalan ini selalu terkenang. Entah kenapa, suasananya syahdu dan bikin rindu. Angkringan Kopi Joss Pak Hendrix ini berada di jejeran tempat makan lainnya di sepanjang trotoar sekitar Tugu Jogja. Cari saja spanduk warna biru dengan tulisannya yang besar.

Tempatnya sederhana, tapi ramai

Bisa dibilang tempatnya sederhana. Menggunakan tenda di trotoar jalan. Tapi tetap saja penggemarnya datang silih berganti. Sajian menu tradisionalnya bukan hanya berhasil menarik pengunjung tengah baya, tapi juga anak  muda. 

Tersedia lesehan di bagian dalam, serta beberapa meja dan bangku kayu di bagian luarnya. Pas sekali untuk menikmati malam Jogja, yang bagi saya justru tempat nongkrong seperti ini yang spesial.


Hanya saja karena lokasinya di sisi jalan, parkiran yang tersedia juga pasti di pinggir jalan. Bagi yang membawa kendaraan roda empat, perlu memperhatikan hal ini. 

Semoga bermanfaat.

1 comment

  1. Naaah iniiii yg mah aku coba juga Mbaaa. Penasaran rasa kopi Joss. Eh tapi yg jual ini udh banyak yaa? Prasaan dulu yg aku lihat bukan pak Hendrix namanya.

    Tapi kalo rasa sama aja sih, sbnrnya ga masalah.

    ReplyDelete