Makan Siang Di Sambal Bakar Pesanggrahan, Kenyang dan Puas Banget

Berhubung belakangan ini suami naik busway terus ke kantor, lewatlah di depan Sambal Bakar cabang Pesanggrahan ini. Penasaran, akhirnya kami coba Minggu lalu. Ternyata memang enak! Bukan makanan yang neko-neko, tapi bikin kenyang dan puas. Gimana enggak, segala yang dicocol sambal gurih, pasti nikmat kan?


Makan Siang Di Sambal Bakar Pesanggrahan, Kenyang dan Puas Banget

Kalau ada kesempatan, saya mau kembali lagi makan di sini. Begitu pula suami dan anak-anak, juga suka sama menunya. Lauknya sudah enak walau belum dicampur sambal, anak saya saja sampai minta ke sini lagi besoknya. Secara keseluruhan memang memuaskan untuk makan siang atau makan berat.


Baca juga: Pondok Ikan Bakar One, Pelepas Rindu Masakan Asli Padang


Seperti biasa, ayo ulik satu per satu. Biar mendapat gambaran secara keseluruhan kenapa saya merekomendasikan tempat makan ini.


Tempat Luas, Nyaman, dan Family Friendly

Tempat Luas, Nyaman, dan Family Friendly

Dari luar sudah terlihat bahwa Sambal Bakar Pesanggrahan ini memiliki area yang luas. Untuk parkiran, bagi yang bawa mobil, jangan khawatir, karena banyak space tersedia. Tentunya buat yang bawa motor juga. Meski pas kami datang sedang ramai-ramainya, masih leluasa untuk parkir.


Area makannya ada yang di luar dan ada juga di dalam untuk area ber-AC. Kami memilih masuk ke ruang ber-AC karena pasti bebas asap rokok. Dibiarkan full kaca untuk pembatasnya agar masih menyatu dengan bagian luar. Lebih terlihat luas juga. Banyak meja yang tersedia dan tidak terlalu rapat, jadi masih terasa nyaman walau lagi penuh pengunjung. Ada lesehannya juga, lo.


Area makan ber-AC
Area makan ber-AC

Area makan di luar
Area makan di luar

Dapur dibiarkan terlihat. Tidak dibatasi apa-apa. Mau foto-foto dan rekam-rekam proses masaknya, bisa banget. Serta untuk fasilitas lainnya ada mushala dan toilet dibagian belakang. Tempat cuci tangannya pun ada beberapa, sehingga tidak menumpuk di satu tempat. Untuk kebersihannya juga terjaga dengan baik. Pelayanannya pun ramah dan oke.


Dapur dibiarkan terlihat
Dapur dibiarkan terlihat

Saya mengatakan family friendly karena kondisi tempat makan yang memungkinkan untuk didatangi orang tua sampai anak-anak. Baby chair disediakan, serta menunya pun dapat menyesuaikan. Empuk-empuk dan ada yang tanpa sambal. Menu pendamping pun banyak pilihan dan sangat bisa dinikmati segala usia. 


Menu Makanan Bervariasi, Enak, dan Porsinya Pas untuk Makan Besar

Menu Makanan Cukup Lengkap, Enak, dan Porsinya Pas

Untuk memesan makanan, bisa melalui mesin digital di dekat kasir, atau bisa juga dengan scan barcode yang ada di masing-masing meja. Saya memesan melalui mesin digital dan memilih menu berikut.

  • Ikan gurame tanpa sambal
  • Paket Nyaman 2 yang isinya 1 iga bakar dengan pilihan sambal tomat, 1 ayam goreng dengan pilihan sambal bawang, 1 cah kangkung bakar, 2 nasi putih, 1 es teh manis, 1 es teh tawar.
  • Ditambah 2 nasi uduk 
  • Segelas cendol. 


Pemesanan melalui mesin atau scan barcode
Pemesanan melalui mesin atau scan barcode

Sekadar informasi, sambal bisa dipilih sesuai selera. Ada tiga jenis sambal dengan tingkat kepedasan berbeda. Level 1 ada sambal tomat, level 2 ada sambal bawang, dan level 3 ada sambal ijo. Disajikan hangat karena sebelumnya dipanaskan dengan wadah gerabah di atas kompor. Makanya namanya sambal bakar.


Baiklah, saya ulas untuk masing-masing menunya, ya.


  • Ikan Gurame A La Carte Rp 32.000

Ikan Gurame A La Carte

Ikan gurame disajikan dalam ukuran personal. Biar sama dengan menu lain yang juga disajikan personal. Digoreng agak kering dengan bumbu marinasi gurih dan terasa di lidah meski dimakan tanpa sambal. Makanya tampak berwarna kekuningan. Anak-anak makan pakai lauk gurame ini sudah lahap banget. Enak katanya. 


  • Iga Bakar Sambal Tomat (Masuk Paket Nyaman Rp 105.900)

Iga Bakar Sambal Tomat

Dagingnya lebih mirip empal sih menurut saya. Terpisah dari tulangnya, bukan yang menempel. Empuk, gurih, dan manis. Dibakar tidak yang sampai gosong, jadi tidak pahit. Dilengkapi dengan kol, ketimun, terong goreng, dan sambal tomat dibagian bawahnya. Suami saya makan pakai nasi uduk yang gurihnya juga bikin nagih.


Untuk sambal tomat, memang tidak pedas di lidah saya, dengan rasa tomat yang dominan. Untuk yang tidak suka pedas, pilihan sambal ini sangat cocok.


  • Ayam Goreng Sambal Bawang (Masuk Paket Nyaman Rp 105.900)

Ayam Goreng Sambal Bawang

Ayam gorengnya sama, berbumbu marinasi kuning dan gurih dengan ukuran lumayan semok (dagingnya tebal dan empuk). Saya coba makan tanpa sambal, bumbunya terasa dan enak. Penyajiannya sama dengan iga bakar tadi, hanya beda di pilihan sambalnya saja, yaitu sambal bawang. Sedikit lebih pedas dari sambal tomat, tapi bukan yang terlalu. Sangat nyaman dimakan sebagai cocolan. Di uwek-uwek sama dengan nasi uduk, lengkap dan perfect banget. Ingin nambah tapi masih ada cendol yang mau dihabiskan, hehe


  • Cah Kangkung Bakar (Masuk Paket Nyaman Rp 105.900)

Maaf lupa difoto karena diantar belakangan. Tidak lengkap kalau belum ada tumis kangkungnya. Lalapan sebenarnya sudah sayur juga, tapi lebih berkuah dan mantap lagi kalau ada tumis kangkung. Tumis kangkungnya mirip balacan karena ada sambal dan kuahnya berwarna kemerahan. Porsinya sangat cukup untuk berdua. Masih terasa kriuk-kriuknya dan memang ini tekstur yang pas untuk menyantap kangkung.


  • Cendol Rp 23.000 dan Minuman (Masuk Paket Nyaman Rp 105.900)

Cendol dan minuman

Semua ukuran gelasnya sama, besar-besar. Untuk cendol, isinya cendol hijau, mutiara (yang bulat-bulat warna pink dan kenyal itu), kuah santan, dan gula merah. Rasanya manis dan enak-enak saja. Andai dilengkapi nangka, pasti lebih jempol lagi Apalagi kalau ada durian, beeeh, tiada lawan. Semoga nanti ada yang versi lengkap begini. Porsinya cukup untuk kami habiskan bareng-bareng karena sudah makan nasi sebelumnya. 


Minuman yang lainnya, pesanan kami es teh manis, es teh tawar, dan dapat juga es jeruk gratis (setelah ini saya ceritakan kenapa dapat gratis), rasanya seperti pada umumnya saja. Jeruknya sih yang lumayan spesial karena memang dari perasan jeruk asli. Hanya saja es batunya kebanyakan buat saya. 


Baca juga: Roti Manis Panas Bang Aran, Langsung Dimasak Di Tempat!


Tambahan informasi lagi, karena tidak diulas spesifik, harga nasi uduk Rp 8.000 per porsi. Semua harga belum termasuk pajak 10%. 


Garansi keterlambatan pesanan diantar

Di sini ada garansi kekecewaan mendapat segelas minuman gratis bila pesanan tidak diantarkan lebih dari 30 menit. Ternyata tumis kangkung yang kami pesan tak kunjung datang melebihi batas waktu tenggang tersebut. Tidak ditawarkan garansi minumannya, tapi saya minta. Untuk mencoba kebenarananya saja. Eh, ternyata betul dapat segelas es jeruk gratis. Rezeki alhamdulillah.


Next time bakal balik lagi makan di Sambal Bakar Pesanggrahan

Seperti yang saya katakan di awal, makan di Sambal Bakar Pesanggrahan yang kata suami milik salah satu Tiktokers ini, sangat memuaskan karena enak, sambal bawangnya saya suka, serta porsinya pun mengenyangkan. Apalagi minumannya, gelasnya besar banget. Kepedasan makan pakai cocolan sambal, peredanya sudah tersedia banyak dengan memesan satu gelas minuman saja.


Rekomendasi untuk dicoba akhir pekan ini bersama keluarga. 

Semoga bermanfaat.

Post a Comment