Makan Siang yang Bikin Tenang Di RM Sangkan Hurip 3 Ciwidey

Macet-macetan pas pulang dari Ranca Upas, ketemu RM Sangkan Hurip 3. Kebetulan sudah masuk jam makan siang juga dan kayaknya bakal lama kejebak di jalan Ciwidey karena ini momen long weekend. Lihat bangunannya besar banget dari luar dan parkirannya luas, banyak juga mobil yang parkir, saya yakin untuk masuk. Pasti ada yang spesial di sini kalau pengunjugnya ramai.

RM Sangkan Hurip 3 Ciwidey

Penasaran karena ada angka 3-nya, saya searching tipis-tipis mencari tahu dua cabang terdahulunya. Ternyata pusatnya ada di Jl. Ciumbuleuit atas dan cabang keduanya di Jl. Pagermaneuh. Malah di komentarnya, banyak yang bilang kalau ini usaha keluarga Lesti Kejora. Belum pasti juga sih, hanya "katanya-katanya". 


Tapi memang tempatnya bagus banget. Primadonanya tersembunyi di balik parkiran luas dan bangunannnya yang cukup tinggi. Saya saja tidak menyangka kalau desain tempatnya semenarik itu. Yuk, bahas lebih detail!

Saung dan Kolam yang Bikin Tenang


Saungnya bersih dan luas

Dari sumpek macet-macetan, dikasih tempat makan yang saungnya luas, ada kolam ikannya, serta suasananya yang adem, bersih dan terawat, capeknya langsung lenyap. Ini yang paling membekas di memori saya sampai sekarang, tempatnya bagus.

Ada dua area tempat makan, di bagian dalam bangunan dan di bagian luar atau belakangnya. Kalau ingin duduk lesehan, mending di luar saja. Semuanya terlihat masih baru, cling. Mulai dari saungnya, semen-semennya, tamannya, tampak sangat bersih. Entah karena memang baru jadi, atau habis renovasi, yang jelas untuk tempatnya juara.

RM Sangkan Hurip 3 bagian outdoor

Sisi lain di bagian belakang

Meja unik untuk duduk di soremalam hari

Saung berdesain menarik

Bagi yang bawa anak-anak, atau kalau ingin mencari spot yang lebih menarik, pilih saung yang di sisi kolam ikan. Ikannya banyak dan bisa dikasih makan. Kasih nasi saja, nanti pasti langsung diserbu. Bisa jadi hiburan tersendiri.

Kolam ikan di tengah saung

Memberi makan ikan

Sedangkan yang bagian dalam bangunan, ada yang pakai kursi dan ada lesehan juga. Tak kalah lega dan luas. Sepertinya bertingkat, karena cukup tinggi dan besar. Misalnya hujan dan membawa orang tua yang sulit duduk lesehan, ini bisa menjadi pilihan tempat makan yang nyaman.

Banguanannya besar

Lesehan indoor

Tempat makan dalam ruangan

Sebagai gambaran, bis-bis besar bisa mampir ke sini. Makanya parkirannya luas dan tempatnya juga luas. Mampu menampung banyak mobil dan tamu. Saat kami datang, ada bis yang parkir. Sepertinya bisa dipesan sebelumnya karena prasmanan terpisah tersedia di salah satu sudut, kemudian ketika bisa datang, tamu-tamunya langsung menuju ke sana.


Makanan Sunda Prasmanan yang Ramah Di Kantong

Makanan yang dipesan

Kami makan berempat cuma 140 ribu! Saya sudah deg-degan pas masuk, bakal bayar mahal karena tempatnya bagus. Eh, ternyata totalnya sangat melegakan. Yang kami pesan adalah lele goreng, usus, hati ampela, babat dan pepes tahu. Nasinya nasi liwet, dan dikasih sepanci, bisa puas makannya sampai kenyang. Sudah termasuk sambal dan lalapan.

Rasanya? Enak dan cocok untuk makan siang saat perut lagi lapar-laparnya. Sambalnya pedas yang bisa dinikmati. Makanya pas dipasangkan dengan aneka lauk dan lalapan, plus nasi liwet. Mantap banget. Di lidah saya, lauknya ini tidak yang berempah kuat, makanya cocok dimakan dengan nasi liwet yang gurih. 

Lelenya sebesar itu di piring

Sambalnya pedas yang bisa dinikmati

Oiya, pemesanan makanannya di bagian bangunan, jadi naik tangga saja dari belakang kalau makannya di outdoor. Disajikan prasmanan, kita tinggal pilih, bayar, pesanan digorengkan, dan nanti diantar ke tempat duduk. Semua dimakan panas-panas deh pokoknya. 

Banyak pilihan pepesanya

Makanannya disajikan prasmanan

Sate tersusun rapi

Minumnya juga yang tradisonal, saya pesan bandrek susu. Lagi mendung, saya butuh yang hangat-hangat. Andai tidak pesan munuman pun, kita sudah dikasih teh tawar hangat segelas besar sesuai dengan jumlah porsi yang dipesan.
 
Bandrek
Bandrek sebanyak ini dan ada kelapanya, cuma 12 ribu
Selain yang ada di prasmanan, banyak menu lain yang bisa dipesan di kasir. Kertas menu juga ada di kasir, minta saja. Ada aneka nasi, sambal dan karedok, menu kuah, pepes, mie, goreng-goreng, bakar-bakar, minuman panas dan dingin, hingga yang paketan. Saya terlambat tahu kalau di sini ada paketannya. Andai tahu di awal, saya pasti pesan yang paketan karena sudah lengkap untuk makanan dan minuman.

Kontak RM Sangkan Hurip

Menu RM Sangkan Hurip 3 Ciwidey
 
Bagaimana, lengkap banget kan menunya? Karena saat itu kami buru-buru agar segera sampai ke Jakarta, tidak sempat pesan dan makan lebih banyak. Padahal saya pengen cemilannya, hehe.

Pelayanan dan Fasilitas Lain


Plang RM Sangkan Hurip 3 Ciwidey

Mungkin karena sering melayani banyak tamu, penyajian makanannya cepat. Tapi saya hanya pesan goreng-goreng saja sih, ini bisa jadi semakin mempersingkat waktu. Petugasnya juga ramah dan cekatan, kalau minta apa-apa, cepat diambilkan. Tentunya pakai seragam semua, profesional.

Di sini juga ada toilet yang pintunya banyak banget. Lagi-lagi tampak masih baru dan bersih. Di bagian depan sebelah parkiran, ada mushala yang besar banget, bisa sekalian salat bagi yang muslim. Dan welcome banget dengan bis-bis besar kalau mau mencari tempat makan. 

Mushalanya besar

Kontak RM Sangkan Hurip
Instagram dan TikTok @rm.sangkanhurip
Telepon: 022-85922973
WhatsApp: 0822 1907 8887


Kalau nanti ada kesempatan main-main lagi ke Ciwidey, Sangkan Urip 3 ini sangat menarik untuk dijadikan pilihan tempat makan kembali. Ajak keluarga besar, malah lebih cocok lagi. Nyaman dan tenang makan di sini. 

Semoga bisa menjadi referensi tempat makan teman-teman saat ke Ciwidey, ya! 

Post a Comment