Nongkrong Santai Menikmati Saujana Hijau Di Kopi Daong

Sempat viral beberapa waktu lalu, dan saya baru berkesempatan mengunjungi kemarin ini. Masih ramai pengunjung, padahal lokasinya cukup jauh dari pusat kota, dan rute yang dilalui cukup menantang, yaitu jalannya kecil dan banyak yang rusak. 


Kopi Daong

Benar saja, upaya yang dikerahkan, akan mendapat bayaran. Setimpal. Di Kopi Daong ini, suasananya bikin malas pulang. Rindang, hijau, di bawah pohon pinus, kopinya enak, jajanannya lengkap dan luas sekali areanya. Jangankan orang dewasa, anak-anak pasti juga betah di sini karena udaranya bersih dan tersedia juga beberapa fasilitas untuk anak seperti hewan lucu dan area bermain.


Supaya lebih jelas, berikut penjabaran lebih terkelompoknya agar tidak campur baur satu sama lain.



Suasana yang Teduh dan Tenang, plus Ramah Anak


Area beralas hijau

Dari luar, saya tidak menyangka bahwa tempat ngopi ini sangat luas di dalam. Wajar bila banyak warga ibukota yang tidak keberatan jauh-jauh datang ke mari. 


Saat masuk dari pintu utama, sudah tersedia tempat memesan berbagai minuman yang sebagian besarnya adalah kopi, beserta beberapa cemilan dan makanann berat. Bagi yang ingin langsung pesan, boleh beli dan bayar di sini. Nanti akan diantarkan ke tempat kita duduk dengan membawa toa sambil memanggil-manggil nama pemesan. Unik, ya.


Tempat pesan menu di bagian depan
Tempat pesan menu di bagian depan

Masuk ke bagian lebih dalam, saya berdecak kagum dengan keluasan tempat duduk yang tersedia. Tapi ini belum seberapa, ternyata masih jauh dan panjang sekali meja-meja untuk bersantai atau melakukan aktivitas lain sampai ke ujung. Saya saja sampai ngos-ngosan untuk mengambil foto. Justru yang paling menarik adalah bagian paling ujungnya itu. Dibiarkan lepas, lega, luas, dan hanya beratap pohon-pohon pinus menjulang tinggi. Indahnya saujana hijau memuaskan kebutuhan kita akan pepohonan lebat dan udara segar. Bagi saya, ini adalah spot foto terciamik di Kopi Daong. Sayang sekali saat saya ke sini sedang hujan, jadi tidak bisa duduk-duduk lama di sini. 


Tempat paling ujung

Area terbuka yang lain

Suasana rindang

Duduk menghadap ke pepohonan

Duduk nyaman dalam teduh

Ada area yang beratap, ada juga area yang dibiarkan terbuka. Tidak menyia-nyiakan tempat, lereng yang menurun curam dibuatkan juga beberapa area ngopi lagi di bagian bawah. Jadi kayak bertingkat gitu. Bila ingin suasana yang lebih hening dan tertutup, misal hendak melakukan aktivitas yang butuh konsentrasi tinggi, atau sekadar berbincang hangat tanpa banyak terganggu orang berlalu lalang, maka area bawah adalah pilihan paling tepat.


Papan petunjuk

Area bermain anak

Spot berkuda
Spot berkuda

Sebagian area lagi dibuat khusus untuk memanjakan anak-anak yang masih aktif berekplorasi ke sana ke mari. Seperti taman kelinci, playground kecil, dan berkuda. Ada papan petunjuknya, tidak akan susah menemukan fasilitas yang menyenangkan anak ini. 


Banyak lampu kuning
Banyak lampu kuning, menerangkan dan menghangatkan suasana

Area dengan dekorasi tempat duduk berbeda
Area dengan dekorasi tempat duduk berbeda

Jelas sekali yang membuat Kopi Daong viral adalah tempatnya yang tidak bikin kecewa. Istimewa dan dikelola maksimal dari ujung ke ujung. Bersih, rapi, tidak ada sampah atau banyak dedaunan meski pohonnya sangat banyak. Beda area, beda-beda juga dekorasi dan kursi-meja yang disediakan. Tidak memancing kejenuhan, bebas mau pilih duduk di mana. Suasananya pun dibuat hangat dan senyaman mungkin dengan lampu-lampu kuning. Bikin betah!



Menu yang Lengkap


Menu dan harga
Menu dan harga di tempat pesan bagian depan
Selain di bagian depan yang menyediakan minuman kopi-kopian, makanan berat dan cemilan, di bagian dalamnya juga ada spot-spot pemesanan makanan, mulai dari menu nusantara, jus, jajanan, hingga satu lagi untuk pemesanan kopi di bagian saujana atau yang terletak paling ujung. Tidak perlu buru-buru pesan di pintu masuk, karena akan dijumpai sangat banyak pilihan bila jalan-jalan dulu menyusuri seluruh area Kopi Daong. 


Berhubung saya tidak tahu, saya terlanjur memesan di depan untuk minuman dan makanannya. Hanya dua, yaitu Hot Mochaccino dan Chicken Gordon Blue untuk makan siangnya. Soalnya cuma untuk saya sendiri, pesan banyak pasti tidak habis.

Hot Mochaccino 36K

Chicken Gordon Blue 60K


Mochaccino
Hot Mochaccino

Rasa mochaccino-nya saya suka. Perpaduan kopi dan cokelatnya itu pas, dan manisnya juga pas di lidah saya yang penyuka minuman manis. Kadang kan ada tuh kopi yang pahit banget atau manisnya irit, tapi mochaccino di sini pas sekali rasanya. Tidak kemanisan, tidak kepahitan dan tidak hambar. Cuma yang perlu diperhatikan, kopi di sini lebih cepat dingin dikarenakan udaranya yang dingin, serta saat disajikan, suhunya sudah siap minum. 


Baca juga: Bersantap Sejuk Di Cimory Dairyland Mountain View - Puncak


Chicken Gordon Blue
Chicken Gordon Blue

Sedangkan untuk Chicken Gordon Blue, rasanya standar. Bentuknya tidak seperti Chicken Gordon Blue yang sebelumnya pernah saya makan. Biasanya gendut dan semok, tapi ini tipis mirip chicken katsu. Namun isiannya masih sama, yaitu daging dan keju. Dilengkapi dengan kentang goreng dan selada, lalu diberi saus sambal dan mayonise. 


Kemasan take away

Untuk makanan dan minuman yang saya pesan, disajikan dalam kemasan take away, jadi tidak pakai piring dan gelas. Mungkin biar tidak ribet mengemas-ngemas dan lebih aman juga untuk diantar ke meja-meja tamu yang belum tau duduknya di mana. Kan mesti dipanggil-panggil dulu di sepanjang langkah sampai ada yang menyahut. 


Menu makanan nusantara
Aneka menu makanan nusantara

Tempat memesan makan yang lain
Tempat memesan makan yang lain

Tempat memesan jajanan
Tempat memesan jajanan 

Teman-teman saya banyak juga yang memesan makanan musantara, seperti tumis toge dengan ikan goreng tepung, rawon goreng (ini unik sih), atau bakso dan jajanan lain macam pisang goreng. Kata mereka sih enak-enak semua. Kalau menu-menu yang ini pesannya di bagian dalam, ya. Karena tidak ada di bagian depan di tempat saya memesan. 



Fasilitas


Live music
Live music

Ingin berlama-lama di sini, tidak usah khawatir. Fasilitasnya lengkap dan bersih. Ada toilet dengan banyak pintu, mushala, hingga live music. Area parkirannya sangat luas. Sepertinya memang sudah siap menampung para tamu yang kebanyakan menggunakan mobil. Bahkan untuk bis pun juga muat. Mungkin juga sering tamu rombongan yang mampir.


Kebersihan fasilitas sangat terjaga
Kebersihan fasilitas sangat terjaga

Bila hujan, akan ada anak-anak sekitar yang menyediakan ojek payung ke area parkiran. Bisa jadi pilihan bagi yang lupa bawa payung. Bayarnya pun seikhlasnya. 


Baca juga: Camping Healing Di Sejuknya Suasana Puncak Halimun Camp - Bogor


Kopi Daong

Teman-teman yang butuh ketenangan sambil ngopi dan ngobrol, dan ingin berjarak sementara dari hiruk pikuk, Kopi Daong adalah pilihan yang tepat. Dijamin enggak akan menyesal.


Silakan ke Kopi Daong kalau ada kesempatan. Terutama yang tinggal di sekitaran Jakarta. Minimal coba dulu sekali, karena tempat ini bagus banget.

Semoga bermanfaat dan selamat menikmati hijau dan hangatnya tegukan di Kopi Daong! 

Post a Comment