Makan di IKEA Alam Sutera, Tangerang

IKEA Alam Sutera

Sebenarnya kami sudah pernah ke IKEA Alam Sutera pada tahun 2017 lalu. Saat itu baru buka dan menu-menunya belum se-hits sekarang. Hingga akhirnya kami kembali lagi untuk merasakan betul-betul makanan yang kini banyak di review, bahkan di berbagai situs ternama.

Jangan salah, walau basic-nya perusahaan furniture, makanan yang tersedia di restoran IKEA tidak jarang menjadi tujuan utama. Bercita rasa Swedia sesuai dengan negara asalnya. Tapi masih cocok kok di lidah orang Indonesia. Bahkan ada makanan tradisional nusantara juga. Tidak heran bila di salah satu sisi bangunan tersedia drive-thru khusus take away. Berkunjung di akhir pekan, siap-siap saja antri panjang!

Kami akui, restoran IKEA sudah jauh berbeda dari tahun 2017 silam. Penataan meja-meja di restorannya lebih nyaman dan tertata. Walau ramai sekali, pengunjung yang masuk restoran dibatasi. Jangan kaget kalau antrian mengular di pintu masuk. Walau sebenarnya tidak terlalu lama juga menunggu, karena memang meja makannya sangat banyak.

Sedikit berbeda, pemesanan makanan di sini bukan diantar ke maja, namun dipesan dan dibawa langsung oleh pengunjung dengan troli khusus. Seperti saat kita memesan makanan cepat saji. Minumnya juga diambil dan direfill sendiri dari tempat yang disediakan.


Swedish Meat Ball /12 pcs IDR 60K


IKEA Alam Sutera
  • 12 bola daging
  • Cream sauce
  • Mashed potatoes
  • Lingonberry jam
  • Brokoli

Tidak heran bila menu yang satu ini adalah yang paling laris, bahkan untuk store IKEA di seluruh dunia. Bola daginya memang juara. Ketika digigit, terasa komposisi daging yang mendominasi, bukan tepung. Rasanya juga gurih daging tanpa bumbu tambahan yang berlebihan.

Dilengkapi juga dengan saus krim yang khas dan lingonberry jam. Jujur, bila dimakan terpisah, lingonberry jam yang bercita rasa manis terasa agak asing bila disandingkan dengan makanan utama seperti ini. Namun saat dimakan bersamaan dalam satu suapan, ternyata benar-benar menambah cita rasa dan sangat enak.

Mashed potatoes sebagai sumber karbohidrat sangat pas sebagai salah satu komponen dalam hidangan. Halus, lembut dan campuran susu tidak terlalu mendominasi, jadi enggak bikin eneg. Tidak lupa pula tambahan brokoli sebagai sayuran yang dimasak dengan tingkat kematangan yang pas. Terlihat dari warnanya yang masih hijau cerah.


Baked Salmon with Teriyaki Sauce IDR 80K


IKEA Alam Sutera
  • Salmon panggang
  • Saus teriyaki
  • Potato wedges
  • Brokoli

Harganya lebih mahal dari yang lain. Mungkin karena komponen utamanya adalah satu potong salmon yang memang harga mentahnya tergolong mahal. Meski judulnya panggang, sayangnya saya tidak bisa merasakan aroma panggangnya. Saus teriyakinya cukup membuat salmon sedikit lebih basah. Karena menurut saya probadi, salmon dimasak terlalu matang sehingga dagingnya sudah agak keras dan kering. Saus teriyakinya sendiri memiliki rasa yang lumayan kuat.

Potato wedges dipilih sebagai komponen karbohidrat yang sebenarnya cocok-cocok saja. Andai salmonnya sedikit lebih lembut, pasti lebih nikmat. Sayuranya masih sama, yaitu brokoli yang direbus sebentar.

Sebenarnya kami masih bisa menikmati menu yang satu ini, karena mamang perpaduan rasanya masih nyambung. Hanya satu yang sangat disayangkan, yaitu disajikan dalam keadaan dingin, Jadi, baik salmon panggang dan potato wedges tidak seenak bila disantap selagi hangat.


Fish and Chips IDR 65K


IKEA Alam Sutera
  • Ikan goreng tepung
  • French fries
  • Saus mayonise
  • Sepotong lemon

Ini adalah kesukaan anak-anak. Tepung yang membalut ikannya, beda dari yang lain. Bukan hanya sekadar kriuk super renyah, tapi juga ada rempahnya. Aroma daun jeruk kentara sekali, sehingga menambah kenikmatan saat dimakan bersamaan dengan daging ikannya yang lembut.

Friech fries masih disajikan dalam keadaan yang masih lebih oke. Walau tidak disajikan langsung setelah digoreng, tapi masih enak dimakan dan belum kaku. Dicocol dengan saus mayonisenya memang pas sekali. Menurut kami menu ini menjadi salah satu yang recommended selain meatballs. Jangan lupa pula memberi sedikit perasan lemon agar lebih segar.


***


Secara keseluruhan, menu makanan utama yang kami pesan berporsi besar. Jadi bagi yang membawa anak, bisa dipesan satu untuk berdua atau nimbrung saja dengan orang tua.


Minuman: Soft Drink IDR 10K dan Kullamust IDR25K


IKEA Alam Sutera
  • Soft drink refill sepuasnya
  • Satu botol Kullamust 100% sari apel

Untuk soft drink bisa direfill sepuasnya. Kebetulan kali ini kami hanya meminun lemon tea saja. Tidak ada rasa khas dan sama saja dengan lemon tea kemasan pada umumnya.

Bagi yang sering melihat review menu restoran IKEA, pasti mengetahui kalau Kullamust merupakan salah satu minuman khas yang juga sering dicari. Begitu pula kami, penasaran adalah alasan pertama kenapa kami berkeinginan membeli ini. Ternyata rasanya benar-benar murni jusa apel hijau yang telah dibuang ampasnya. Tanpa penambahan gula atau yang lainnya. Di label kemasan juga tertera keterangan bahwa Kullamust memang mengandung 100% sari apel. Sudah kebayang kan rasanya gimana?


Cream Puff IDR 9K


Untuk harga 9 ribuan, ini enak banget! Sebagai pencinta roti-rotian, saya pribadi merekomendasikan cream puff ini karena pastinya lembut dan mengembang. Dalamnya diisi dengan krim yang banyak. Tersedia dua rasa, yaitu cokelat dan vanilla. Bagian atasnya sedikit garing. Jadi saat dimakan satu gigitan, manisnya pas, isiannya enggak pelit dan ada kriuk yang agak manis sebagai pelengkap rasa dan tekstur.

***

Kesimpulan tripalakita untuk menu-menu di IKEA ini sangat memuaskan.

Bila ada kesemapatan, kami tidak keberatan untuk kembali makan di sini. Meski bukan berkonsep restoran yang memberi pelayanan pesan dan antar ke meja pelanggan, jangan khawatir, banyak petugas yang siap siaga dan kebersihan masih terjaga walau pengunjung sangat ramai sekalipun.

Bagi yang membawa serta anak, tersedia juga baby chair. Kalau ada yang tidak terpakai, langsung saja diambil. Atau bisa juga meminta petugas untuk mencarikan. Menunya pun banyak yang tidak pedas. Jadi bisa dibilang “ramah anak”.

Bila akhir pekan ini belum ada rencana ke mana, IKEA Alam Sutera bisa menjadi pilihan untuk cuci mata sekaligus berkuliner bersama keluarga.

Semoga bermanfaat.

 

Post a Comment